Salah satu fasilitas di Jawa Timur Park 1. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Salah satu fasilitas di Jawa Timur Park 1. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Rumah Pintar Pemilu (RPP) Nasional bakal segera hadir di akhir tahun 2019 ini. Rencananya, RPP tersebut akan berlokasi di Jawa Timur Park (JTP) 1, Jalan Kartika, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu.

“Sesuai dengan rencana Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu, RPP akan di-launching pada 29 Desember 2019 mendatang,” kata oleh Komisioner KPU Kota Batu, Divisi Sumber Daya Manusia Peranan Masyarakat Sosialisasi dan Pendidikan, Marlina.

RPP di JTP 1 itu akan memiliki tiga ruangan. Ruangan pertama berupa ruang visualisasi yang berisikan laptop, serta layar sentuh yang digunakan oleh pengunjung untuk mengisi kuesioner. 

Pengunjung diharapkan memiliki pemahaman tentang pemilu setelah keluar dari ruang pertama. “Selanjutnya pengunjung akan ke ruangan kedua, merupakan ruang simulasi,” imbuhnya, Minggu (1/12/2019).

Ia menambahkan, ruang itu akan diisi dengan tiruan Tempat Pemungutan Suara (TPS). Kursi-kursi dan bilik suara akan diatur persis berdasarkan urutan seperti pada TPS pada saat Pemilu berlangsung. Dan ruang terakhir, akan diisi dengan ruang diskusi dan edukasi.

“Di ruangan itu nantinya akan diisi trainer evaluasi, buletin, buku, jurnal-jurnal, dan sebagainya. Yang jelas akan ada berbagai infografis dan data seperti Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Calon Legislatif, Daftar Calon Terpilih dan informasi kepemiluan lainnya dari setiap proses atau tahapan pemilu yang telah dilalui,” ucap Marlina.

Menurutnya, pemilihan JTP 1 itu langsung dari KPU RI. Untuk mempersiapkannya, KPU mengajukan Rencana Anggaran Belanja (RAB) sesuai dengan kebutuhan pembangunan sebesar Rp 400 juta tahun anggaran 2019.

Penunjukan langsung oleh KPU RI, karena Kota Batu dinilai banyak dikunjungi wisatawan. “KPU RI ini menunjuk Kota Batu untuk berdirinya RPP ini karena banyaknya wisatawan yang datang untuk berwisata di sini,” tutupnya. 

RPP itu bisa diakses gratis oleh masyarakat. Pengunjung yang berminat, tinggal datang. Tiket masuknya, include atau sudah menjadi satu paket Jawa Timur Park 1.