Kapolres Tulungagung AKBP Eva Guna Pandia memberikan bantuan pada takmir masjid Nurul Huda Plosokandang / Foto : Anang Basso / Tulungagung TIMES
Kapolres Tulungagung AKBP Eva Guna Pandia memberikan bantuan pada takmir masjid Nurul Huda Plosokandang / Foto : Anang Basso / Tulungagung TIMES

Dalam rangka menjalin silaturahmi dan mengantisipasi masuknya paham radikal di lingkungan tempat ibadah, Kapolres Tulungagung AKBP Eva Guna Pandia melakukan safari ke sejumlah masjid. Salah satu tempat ibadah yang didatangi adalah Masjid Nurul Huda Desa Plosokandang Kecamatan Kedungwaru sesaat setelah salat Jumat (29/11) siang.

"Kita melakukan silaturahmi, minta doa agar Tulungagung ini tetap aman dan damai," kata EG Pandia sembari menyerahkan sejumlah bantuan berupa Alquran dan perangkat salat berupa mukena buat jemaah.

Lanjutnya, Masjid yang merupakan tempat beribadah dan mencari kedamaian harus bersih dari segala kepentingan termasuk adanya faham radikal.

"Jangan sampai tempat ibadah khususnya masjid kemasukan faham radikal yang justru akan menimbulkan rasa tidak aman dan timbul permasalahan," terang Pandia.

Menerima kunjungan Kapolres, jemaah tampak khidmad mendengarkan sambutan dan pesan Kapolres.

"Kita sangat mengapresiasi kedatangan beliau, sebagai pajabat baru di Tulungagung langkah yang diambil sangat bagus dan kita sepakat agar Tulungagung tetap ayem Tentrem, Mulyo kan tinoto," kata KH Abdul Kholik.

Dirinya sepakat tentang bahaya faham radikalisme yang beberapa waktu belakangan mengusik ketentraman umat dan memecah belah persatuan bangsa.

"Kita senang dan setuju dengan Astuti (Agunge Sikap Tulung Tinulung) dari beliau, semoga dengan ini kehidupan di Tulungagung tenang dan damai," ungkapnya.

Kehadiran Kapolres juga disambut dengan iringan Salawat para jemaah dan tokoh masjid tampak akrab menyalami AKBP Eva Guna Pandia dengan akrab dan penuh kekeluargaan.