Suasana Seminar Kesehatan Menghindari Stroke di Usia Produktif dalam rangka Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat Lainnya Kota Malang Tahun 2019, di Hotel Ijen Suites, Sabtu (23/11) (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)
Suasana Seminar Kesehatan Menghindari Stroke di Usia Produktif dalam rangka Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat Lainnya Kota Malang Tahun 2019, di Hotel Ijen Suites, Sabtu (23/11) (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

Penyakit stroke kini mulai menjalar ke kalangan usia produktif. Label, penyakit yang kerap dialami oleh orang-orang yang sudah berusia tua itu kini telah beralih dan perlu diwaspadai.

Apalagi, gaya hidup anak muda zaman sekarang atau lebih dikenal dengan sebutan millenial itu cukup beragam. Sering terpengaruh dengan hal masa kini, hingga jarang memperhatikan asupan makanan yang masuk ke tubuhnya.

Nah, upaya pencegahan penyakit stroke yang mulai menyerang pada usia produktif juga digencarkan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang. Salah satunya, melalui Seminar Kesehatan Menghindari Stroke di Usia Produktif dalam rangka Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat Lainnya Kota Malang Tahun 2019, di Hotel Ijen Suites, Sabtu (23/11).

Ketua Panitia Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 55 Kota Malang, Arif Wiramukti menyatakan kegiatan ini sebagai salah satu upaya promotif preventif dalam mengenalkan pencegahan penyakit stroke di usia produktif. Di mana ada tiga hal yang mendasari itu, yakni, aspek klinis, pola hidup, dan psikologis.

Kegiatan tersebut melibatkan peserta sebanyak 600 lebih dari berbagai elemen masyarakat. Mulai dari anak sekolah remaja, universitas dan praktisi kesehatan dari rumah sakit dan layanan kesehatan lainnya di Kota Malang.

"Karena usia produktif ini kan usia-usia emas, jadi sebagai bagian dari Dinkes upaya promotif preventif kita lakukan. Jangan hanya mengobati sana, tapi bagaimana mempromosikan cara pencegahan itu dibahas dalam seminar ini," ungkapnya.

Melalui seminar tersebut harapannya upaya dalam pencegahan terhadap penyakit stroke bisa tersalurkan dan tersampaikan meluas kepada masyarakat lain. Seperti menerapkan pola hidup sehat salah satunya yang menjadi aspek penting dalam menjaga tubuh untuk terhindar dari penyakit mematikan ini.

"Harapannya nanti ada tips dan trik pencegahan itu. Jadi dari sini, masyarakat yang ikut juga nanti bisa menyalurkan ke yang lainnya. Di lingkungan, keluarganya bagaimana menerapkan hidup sehat dan yang lainnya," imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Wasto juga turut hadir. Ia menyebut, jika usia produktif saat ini sangat rentan terkena penyakit stroke. Karenanya melalui acara ini, ia mengharapkan masyarakat di Kota Malang akan lebih awas dalam menjaga kesehatan tubuhnya agar terhindar dari penyakit stroke.

"Kegiatan ini bagus, perkembangan terkini kan penyakit stroke sudah menjalar ke usia produktif dan itu akan sangat eman sekali. Karenanya, gejalanya apa, penyebabnya, dan cara menghindarinya akan dipahami. Dan masyarakat Kota Malang yang masih muda-muda ini bisa mencegah dan berperilaku hidup sehat," paparnya.