Foto Istimewa

Foto Istimewa



Beragam fasilitas selalu disiapkan oleh pemerintah daerah untuk menjamu para wisatawan yang datang agar bisa berlama-lama. Tidak terkecuali fasilitas trotoar yang memang disiapkan bagi mereka yang ingin menikmati kota tersebut sambil berjalan kaki.

Bagi mereka, berwisata sambil berjalan kaki, selain memberikan dampak kesehatan untuk tubuh, juga bisa menikmati keindahan di setiap sudut kota. Tidak hanya itu. Berjalan kaki juga dapat membantu mengurangi polusi udara.

Di Indonesia sendiri, ada 5 kota yang akan memberikan kenyamanan untuk menikmati keindahan sudut kota dengan berjalan kaki. Berikut 5 kota yang bisa menjadi referensi.

1.    Kota Solo

Berkunjung ke Kota Solo, jangan lupa untuk menikmati di Jalan Slamet Riyadi dengan berjalan kaki. Di sana, kalian akan dimanjakan dengan banyaknya pohon hijau yang rindang.

Jika lelah berjalan kaki, ada kursi taman yang disuguhkan. Dengan menyusuri jalanan sepanjang 3,5 km ini, bisa ditemukan beberapa tempat wisata, seperti Taman Sriwedari dan Museum Radya Pustaka Surakarta.

2.    Kota Jogjakarta

Kota yang terkenal dengan kentalnya budaya Jawa ini juga masuk dalam daftar kota di Indonesia yang asyik ditelusuri dengan berjalan kaki. Jalan Malioboro menjadi salah satu jalan yang bisa kalian telusuri untuk menikmati setiap keindahan sudut kota.

Selain Malioboro, Anda  juga bisa menjajal beberapa tempat wisata lainnya dengan berjalan kaki di sekitaran jeraton, Tamansari, Kotagede dan beberapa wilayah lainnya.

3.    Kota Semarang

Sejak ditangani WaliKota Semarang Hendar Prihadi, kawasan pusat kota Semarang mulai ditata dengan mengandalkan trotoar dengan street furniture (pelengkap jalan) seperti bunga, kursi, dan lampu.

Beberapa ruas trotoar juga dilengkapi dengan ornamen bola-bola yang membuat tampilan trotoar semakin indah. Anda  juga bisa menyusuri trotoar yang berada di Jalan Veteran, Jalan Diponegoro, Jalan Madukuro, serta Jalan Imam Bonjol.

4.    Kota Bogor

Kota Bogor sudah lama dikenal sebagai kota yang memberikan udara sejuk. Pada pertengahan 2016, pemerintah Bogor memulai pembangunan yang bertujuan untuk mendorong masyarakatnya untuk berjalan kaki, bersepeda atau menggunakan moda transportasi umum. 

Salah satu rute yang bisa kalian lintasi dengan berjalan kaki adalah trotoar Kebun Raya Bogor dan Istana Bogor. Saat menelusuri trotoar, mata pejalan kaki dimanjakan dengan kemunculan rusa-rusa di halaman Istana Bogor.

5.    Kota Jambi

Kota Jambi termasuk dalam kota ternyaman untuk berjalan kaki. Di sini ada sebuah jembatan yang khusus diperuntukkan untuk pejalan kaki. Jembatan ini terbentang sepanjang 530 meter di atas Sungai Batanghari berbentuk S.

Di ujung jembatan ini terdapat sebuah menara bernama Gentala Arasy, yakni sebuah museum yang menceritakan sejarah perkembangan Islam di Jambi. Saat sore hari, kalian bisa menghabiskan waktu berjalan kaki sambil menikmati indahnya matahari tenggelam.


End of content

No more pages to load