Enam Hantu Ini Sering "Dimanfaatkan" Orang Tua di Tulungagung untuk Takuti Anak Rewel

Orang tua yang menakuti anaknya dengan cerita hantu agar anak segera tidur. / Foto : Anang Basso / Tulungagung TIMES
Orang tua yang menakuti anaknya dengan cerita hantu agar anak segera tidur. / Foto : Anang Basso / Tulungagung TIMES

TULUNGAGUNGTIMES – Masih ingatkah sewaktu kecil dahulu, saat kita sebagai anak ingin sesuatu tidak keturutan dan kemudian protes dengan cara tak mau berhenti menangis? Masa anak-anak  merupakan masa yang sangat senang bermain.

Kesehariannya mereka habiskan hanya untuk bermain. Hal itu wajar saja terjadi karena anak-anak memang identik dengan rasa bahagia yang didapatkannya dari bermain.

Namun, terkadang para orang tua juga merasa sangat kahwatir saat anak-anak mereka bermain. Hal ini dikarena anak-anak mereka jika sudah bermain sering lupa untuk makan, minum, serta istirahat.

Hal inilah yang membuat para orang tua merasa sangat khawatir sehingga mereka memiliki cara tersendiri untuk mengatasinya. Caranya yang sering dilakukan orang tua yaitu menakut-nakuti anaknya dengan sosok hantu, sehingga anaknya mau berhenti main dan beristirahat.

Nah, ada beberapa hantu yang biasanya digunakan oleh orang tua untuk menakut-nakuti anaknya di Tulungagung. Inilah enam nama hantu yang sering digunakan orang tua untuk membuat anaknya tidak nakal dan tidak nangis lagi.

1. Momok

Karena banyaknya warga yang merantau ke Malaysia dari zaman dahulu hingga kini, hantu yang dikenal di Negeri Jiran dan Brunai Darussalam ini sering disebut di Kota Marmer untuk menakuti anak yang nakal.

Momok adalah nama salah satu jenis hantu wanita yang terkenal di Malaysia dan Brunei . Penampakannya selalu di tampilkan sebagai hantu wanita berambut panjang dan memakai baju putih sampai menutupi kakinya.

Kalau dibandingkan dengan di Indonesia mungkin hantu momok sama dengan sundel bolong. Sama sama hantu wanita, sama-sama berambut panjang dan tentunya sama-sama selalu tertawa cekikikan yang membuat bulu roma penontonnya berdiri. Mungkin perbedaannya hanya momok tidak doyan sate seperti sundel bolong. 
 

2. Wewe Gombel

Cerita wewe gombel merupakan sebuah mitos yang diciptakan oleh para orang tua untuk menakuti anak-anaknya yang rewel. Menurut cerita, wewe gombel ini akan menangkap anak-anak yang masih bermain di sore hari atau di malam hari dan disimpannya di balik susunya yang besar.

 Kemudian, setelah beberapa hari. barulah ia kembalikan agar anak itu merasa jera. Karena takut, si anak akhirnya menurut dan tidak rewel atau main di sore dan malam hari.

3. Genderuwo

Genderuwo merupakan hantu yang memiliki wujud besar, berbulu dan menyeramkan. Menurut cerita, genderuwo akan memerkosa para wanita yang suka berkeliaran di malam hari, sehingga nantinya akan melahirkan anak gunderuwo juga.

Biasanya anak akan membayangkan bertemu dengan genderuwo dan takut jika di ambil dan dijadikan anak oleh hantu jenis ini.

4. Pocong

Pocong juga termasuk salah satu hantu yang sering digunakan para orang tua untuk menakuti anak-anaknya. Menurut cerita, seseorang yang sudah meninggal akan menjadi pocong jika kain kafannya tidak dibuka. Dia akan berjalan-jalan untuk mencari bantuan membuka tali pocongnya tersebut.

5. Kuntilanak

Kuntilanak merupakan hantu wanita yang mengenakan pakaian panjang putih serta memiliki rambut yang sangat panjang. Konon kuntilanak merupakan wanita yang meninggal saat melahirkan. Sehingga orang tua  akan menakuti anaknya bahwa kuntilanak tersebut akan mencari anaknya yang telah ia lahirkan.

6. Tuyul

Tuyul merupakan hantu anak kecil yang sering mencuri uang. Menurut cerita, tuyul ini sengaja dipelihara oleh seseorang untuk mencuri uang orang lain dan menyerahkannya kepada tuanya tersebut. Katanya orang yang memelihara tuyul akan cepat menjadi kaya raya.

Pewarta : Anang Basso
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Tulungagung TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]tulungagungtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]tulungagungtimes.com | marketing[at]tulungagungtimes.com
Top