Cintai Jati Diri Bangsa Lewat Kemah Budaya

Acara Kirab dalam Kemah Budaya Dan Festival Gunung Budheg / Foto : Agus Utomo / Tulungagung TIMES
Acara Kirab dalam Kemah Budaya Dan Festival Gunung Budheg / Foto : Agus Utomo / Tulungagung TIMES

TULUNGAGUNGTIMES – Kegiatan Kemah Budaya ke-3 dan Festival Gunung Budheg Desa Tanggung Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung berjalan meriah dan khidmat. Acara yang mengambil tema dari gunung untuk kemakmuran desa Tanggung ini menyiratkan sebuah tujuan dan motto "Dengan Budaya Kita Cintai Jati Diri Bangsa" itu diikuti ribuan warga.

Mereka cukup antusias untuk menyemarakkan kegiatan tersebut. "Kegiatan ini marupakan rutin dan mandiri dari warga," kata Ketua pelaksana Agus Utomo yang juga sesepuh Gunung Budheg. 

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan juga beragam, dimulai dari Ruwat Nagari, Sedekah hasil bumi, Sedekah bibit pohon Dan sedekah rojo koyo. "Intinya, mengajak masyarakat untuk bersyukur akan hasil bumi yang melimpah, mengajak masyarakat untuk rajin bersedekah dan rajin manjaga alam," terang Agus.

Sedangkan khusus untuk Ruwat Nagari, menurut Agus mempunyai makna tersendiri yakni menjaga bumi desa Tanggung dari segala sukerta atau bala bencana agar terhindar dari segala keburukan "Kegiatan melibatkan seluruh masyarakat desa dan tokoh lintas agama," paparnya.

Yang menarik perhatian adalah rangkaian kirab para peserta dengan busana khas seperti karnaval dengan nilai seni dan budaya yang kental Dalam kegiatan tersebut tampak jajaran muspika diantaranya kepala desa, Kapolsek dan Camat Campurdarat serta para tokoh adat, tokoh masyarakat serta tokoh agama serta tokoh seni dan budaya.

Pewarta : Anang Basso
Editor : A Yahya
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Tulungagung TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]tulungagungtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]tulungagungtimes.com | marketing[at]tulungagungtimes.com
Top