KPU Bidik Partisipasi Pemilih Pemula, Perempuan dan Disabilitas

Anggota Komisioner KPU Tulungagung,  Mustofa (foto: Joko Pramono/Jatim times)
Anggota Komisioner KPU Tulungagung, Mustofa (foto: Joko Pramono/Jatim times)

TULUNGAGUNGTIMES – Untuk menekan angka Golput pada pemilu 17 April mendatang,  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung bidik partisipasi pemilih pemula, perempuan dan disabilitas. 

Hal itu disampaikan Anggota Komisioner KPU Tulungagung, Mustofa pada Rabu (13/3/19) usai melakukan sosialisasi lanjutan di tiga kelompok basis pemilih potensial tersebut.

"Kami berharap mereka (pemilih pemula, perempuan dan kelompok disabilitas) bisa menjadi agen informasi untuk menyosialisasikan Pemilu 17 April, di kelompok masing-masing," kata Mustofa.

Ada 11 basis data yang menjadi sasaran KPU. Yakni, basis keagamaan, pemuda, pemilih pemula, disabilitas, perempuan, komunitas, marginal, berkebutuhan khusus, warganet, peduli demokrasi, dan keluarga.

Mustofa melanjutkan, pihaknya telah "menyentuh" pada masing-masing basis itu  dengan model pertemuan terbatas namun berulang. 

Meski hasilnya baru bisa dilihat pasca pelaksanaan pencoblosan 17 April mendatang. 

Mustofa berharap angka  partisipasi pemilih 77,5 persen, meningkat dibanding pemilu 2014 yang saat itu di kisaran 70 persen. Jumlah DPT saat ini 852.570.

"Makanya sosialisasi gencar kami lakukan. Tidak hanya tingkat kabupaten, sosialisasi juga aktif dilakukan teman-teman PPK dan PPS di tingkat kecamatan dan desa," katanya.

Data KPU, total jumlah pemilih pemula di Tulungagung saat coblosan Pemilu 17 April nanti teridentifikasi sebanyak 11.519 orang. 

Untuk pemilih disabilitas yang tersebar di 19 kecamatan tercatat sebanyak 1.684 orang. 

 

Pewarta : Joko Pramono
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Tulungagung TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]tulungagungtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]tulungagungtimes.com | marketing[at]tulungagungtimes.com
Top