Puluhan Desa di Tulungagung Terendam Banjir, Banyak Warga Belum Dapat Bantuan Makanan

Kedalaman banjir di Desa Demuk, Kecamatan Pucanglaban. / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES
Kedalaman banjir di Desa Demuk, Kecamatan Pucanglaban. / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES

TULUNGAGUNGTIMES – Curah hujan yang tinggi menyebabkan puluhan desa di beberapa wilayah kecamatan di  Kabupaten Tulungagung terendam banjir. Banjir yang cukup parah terjadi di Desa Banjarejo, Kecamatan Rejotangan; Desa Pojok, Kecamatan Campurdarat; Desa Waung, Kecamatan Boyolangu; dan Desa Demuk, Kecamatan Pucanglaban.

"Warga sudah banyak mengungsi ke tetangga terdekat. Belum ada bantuan makanan dari pihak mana pun," kata Sutaji, tokoh warga Desa Demuk, Kamis (7/03) sore.

Menurut Sutaji, setidaknya 300 rumah di satu dusun nyaris terendam banjir total. Akibatnya, sekitar 1.000  warga memilih meninggalkan rumah dan mengungsi di tempat terdekat yang aman. "Belum bisa kami sampaikan berapa jumlah pasti. Warga dengan membawa ternak masih menyelamatkan diri dari rendaman air," ungkap Sutaji.

Meski Demuk di daerah ketinggian, banjir bisa terjadi lantaran pembuangan air hanya melalui resapan sungai bawah tanah. Untuk itu, warga berharap ke depan pemerintah merencanakan pembuangan air yang memadai agar banjir tidak sampai terjadi parah.  "Kami berharap rencana pembuangan betul-betul di pikirkan matang agar air bisa dikendalikan," tandas Sutaji.

Sementara itu, petugas dari BPBD bersama tim SAR tampak menyisir wilayah banjir di Desa Demuk untuk memberi pertolongan kepada warga yang  terjebak banjir.

Selain di Demuk, BPBD mendata banjir yang melanda Desa Waung, Kecamatan Boyolangu, dengan jumlah 101 keluarga yang terdampak banjir. Di Desa Banjarejo, Kecamatan Rejotangan, ada 300 keluarga yang terkena banjir. Diperkirakan ratusan hektare sawah dengan tanaman padi terancam gagal panen.

 

Pewarta : Anang Basso
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Tulungagung TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]tulungagungtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]tulungagungtimes.com | marketing[at]tulungagungtimes.com
Top