Penularan DBD Tinggi, 11 Pasien Diambil Sampel Darahnya

Fogging di salah satu kantin sekolah (foto : Joko Pramono/Jatimtimes)
Fogging di salah satu kantin sekolah (foto : Joko Pramono/Jatimtimes)

TULUNGAGUNGTIMES – Kabupaten Tulungagung menempati posisi puncak kasus penularan DBD di Provinsi Jawa Timur selama Januari 2019. Hingga hari ini, Kamis (24/1/19) ada 249 kasus penularan DBD dengan 3 kematian. 

Untuk mengetahui penyebab tingginya penularan itu, Kementerian Kesehatan melaluiBalai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pemberantasan Penyakit (BBTKLPP) Surabaya, mengambil sejumlah sampel darah pasien DBD. Sampel itu nantinya akan diuji dan diteliti untuk mengetahui penyebab tingginya penularan DBD.

Staff BBTKLPP Surabaya, Yeni Puji saat di RSUD dr. Iskak mengatakan misinya kali ini untuk mengambil sampel pasien DBD yang sedang dirawat di fasilitas kesehatan yang ada di Tulungagung. 9 sample darah pasien DBD di RSUD Dr Iskak dan 2 sample darah dari 2 pasien yang ada di Puskesmas Campurdarat. “Jadi kita akan crosscheck sample pasien di rumah sakit dan puskesmas, nanti dilihat juga di lingkungan pasien bagaimana kondisinya,” ujarnya.

Untuk memetakan penularan DBD ini, kata Yeni tak cukup hanya menguji sampel darah pasien. Namun juga pemantauan kondisi pasien. Setelah dipetakan, maka pihaknya akan mencari strategi terbaik untuk menekan penularan DBD ini. Untuk melihat evolusi resistensi (kekebalan) nyamuk terhadap insektisida yang digunakan untuk pengasapan (fogging) oleh Dinas Kesehatan, pihaknya juga mengambil sampel larva di lingkungan perumahan warga.

Jika ditemukan nyamuk atau larva sudah kebal terhadap insektisida yang digunakan oleh Dinas Kesehatan, maka pihaknya akan merekomendasikan untuk mengganti insektisida yang ada dengan yang lain yang dirasa ampuh membasmi vektor (pembawa) DBD. “ini kan rutin sebenarnya tiap 6 tahun sekali kita lihat resistensi nyamuknya seperti apa, kalau sudah resisten alias kebal ya dicarikan insektisida jenis lainnya,” pungkas Yeni.

Pewarta : Joko Pramono
Editor : A Yahya
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Tulungagung TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]tulungagungtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]tulungagungtimes.com | marketing[at]tulungagungtimes.com
Top