Ini Faktor Penyebab Tingginya Penularan DBD di Tulungagung

Salah satu bayi yang tertular DBD dirawat di RSUD dr Iskak. (foto : Joko Pramono/Jatimtimes)
Salah satu bayi yang tertular DBD dirawat di RSUD dr Iskak. (foto : Joko Pramono/Jatimtimes)

TULUNGAGUNGTIMES – Tingginya kasus penularan demam berdarah dengue (DBD) di Tulungagung dipengaruhi  beberapa faktor.
Selain faktor alam  siklus 5 tahunan berupa anomali cuaca, tingginya kasus DBD juga dipengaruhi mobilitas warga dan minimnya kesadaran warga terhadap pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

Hal itu diungkapkan oleh Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung Didik Eka, Kamis (17/1/19). "Kesadaran masyarakat akan PSN masih rendah," ujarnya.

Pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk mencegah penularan penyakit yang ditularkan melalui nyamuk Aedes Aegypti ini. Pengasapan juga dilakukan di 56 desa di 19 kecamatan yang menjadi sarang endemik nyamuk bertubuh belang itu. "Pengasapan terus kami lakukan, terutama di 56 desa endemik DBD," urai Didik Eka.

Dari 19 kecamatan, 4 kecamatan merupakan penyumbang tertinggi pasien DBD. Ke 4 kecamatan itu ialah Ngantru, Kedungwaru, Tulungagung, dan Boyolangu.

Hingga kini, sudah ada sekitar 179 pasien DBD yang dirawat di berbagai fasilitas kesehatan. 
Igo salah satunya. Warga perumahan Puri Permata, Kelurahan Sembunyikan, itu sudah empat hari dirawat di RSUD dr Iskak lantaran terjangkit DBD. 

Ibu Igo, Umi, menuturkan anaknya sudah demam sejak Kamis (10/1/19) lalu. Namun baru dibawa ke RS pada Senin (14/1/19) lalu. "Panas sejak Kamis, disuruh uji lab. Seninnya masuk RS," ujar Umi. Namun kini kondisi anaknya sudah berangsur membaik. 

DBD di Tulungagung pada awal tahun ini sudah memakan korban jiwa. Setidaknya dua anak mengembuskan napas terakhirnya akibat terjangkit DBD. Pihak Dinas Kesehatan memperkirakan tingginya penularan DBD akan terus tinggi hingga Maret depan, seiring tingginya curah hujan.

Pewarta : Joko Pramono
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Tulungagung TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]tulungagungtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]tulungagungtimes.com | marketing[at]tulungagungtimes.com
Top