Sumbangan Kampanye 8 Parpol Nihil, 2 Tak Lapor

Komisioner KPU Tulungagung, Agus Safe
Komisioner KPU Tulungagung, Agus Safe'i (foto : Joko Pramono/tulungagungtimes)

TULUNGAGUNGTIMES – Dari 16 partai politik (parpol) yang bertarung dalam Pemilihan Legislatif 2019 di Kabupaten Tulungagung, laporan penerimaan sumbangan dana kampanye (LPSDK) 8 parpol tercatat nihil. 

Kedelapan parpol itu ialah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Gerindra, Partai Berkarya, Perindo, PPP,  PAN,  Hanura, dan Partai Demokrat.
Sedangkan dua parpol tidak melaporkan LPSDK   lantaran tidak mengikuti kontestasi pemilihan legislatif di Kabupaten Tulungagung. Kedua parpol itu Partai Garuda dan PKPI. "Dua partai tidak melaporkan, yaitu  Garuda dan PKPI," ujar ketua KPU Tulungagung melalui anggotanya, Agus Safe'i. 

Golkar menjadi pemuncak penerima sumbangan dana kampanye  sebesar Rp 183 juta. Disusul PDIP dengan Rp 167 juta,  PKS Rp 40 juta,  PBB Rp 33 juta,  dan paling kecil PSI dengan Rp 950 ribu. 
Pelaporan LPSDK sendiri berakhir pada Rabu (2/1/19) kemarin.  KPU sempat memperpanjang masa pelaporan dari pukul 18.00 menjadi pukul 24.00. "Sesuai PKPU 34/2018 batasnya pukul 18.00. Namun ada surat edaran KPU untuk memperpanjang hingga pukul 24.00," ungkap Agus. 

Tidak ada perpanjangan dalam melaporkan LPSDK ini.  Selain itu,  tidak ada sanksi bagi parpol yang tidak melaporkan LKSDK. 
"Kami umumkan di web. Nanti masyarakat yang menilai transparansi parpol," ucap Agus. (*)

 

Pewarta : Joko Pramono
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Tulungagung TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]tulungagungtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]tulungagungtimes.com | marketing[at]tulungagungtimes.com
Top